Selasa, 10 Juli 2018

MENJALANI NIFAS (Cuti persalinan)

Allah itu memberi cuti ibadah wajib (sholat, puasa, dan bahkan membaca Al-Qur'an) bagi ibu nifas.

Allah maha tau bahwa ibu nifas adalah ibu yg butuh istirahat. Sholat itu sendiri bukan pekerjaan berat (secara fisik). Allah maha baik, bahkan yg ringan sekalipun di minta utk tidak di laksanakan.

Tapi banyak2 ibu yg merasa baik baik saja mencuci, mengepel, menyetrika, memasak pasca melahirkan.
Itu namanya ga sayang badan bu...

"Ya gimana lagi Bu ga ada yg ngerjain.. "

"Suami dong yg ngerjain"

"Tugas suami kan kerja cari nafkah"

"Wihh kata siapa Bu, kerja suami itu bukan cuma cari nafkah, tugas suami itu memelihara keluarganya dr ancaman api neraka, menjaga kewarasan ibu pasca bersalin itu salah satunya, saya ga melarang lho, sok aja, cuma saya mau komentar bahwa ibu sedang tidak menghargai cuti Allah kasih"

Apakah dengan ada nya puasa ramadhan, maka sholat menjadi hal yg tidak wajib?

Itu logikanya..

Ketika mencari nafkah itu wajib hukumnya,
Kemudian kewajiban meringankan kesulitan istri menjadi tidak wajib? Atau sebaliknya.

Datangnya kewajiban tidak menggugurkan kewajiban sebelum dan sesudahnya.

Tau ga nih efek ngurus kerjaan rumah bagi ibu nifas.

1. Ibu kelelahan, membuat rahim tidak kontraksi optimal. Fungsi kontraksi saat nifas itu adalah mengecilkan rahim ke ukuran semula. Rahim tidak berkontraksi dapat  menyebabkan perdarahan.

2. Otot2 ibu yg tegang butuh relaksasi setelah persalinan. Relaksasi ini merelease endorphin suapaya ibu lebih positif, tenang, tidak mudah panik. Kalo endorphin ga release. Sel sel ibu akan menua. Lebih tua dr usia ibu. Itu membuat ibu cepat tua, gampang marah, gampang panik, dan berfikiran negatif.

3. Ibu yg lelah membuat oksitocin tidak release, oksitocin itu fungsinya, merangsang asi, dan menghentikan perdarahan.wajar saja asi seret kalo ibunya kecapean. Malem begadang, siang ngurus kerjaan rumah. Prinsipnya "bayi tidur, ibu tidur, bayi bangun, ibu bangun" ga boleh "mumpung bayi tidur ibu cuci piring"

4. 50% ibu pasca melahirkan mengalami baby blues di 2 mgu pertama. Saat itu bisa jadi ibu menjadi negatif dan menjadi seorang yg tidak percaya diri (bahkan lebih buruk dr itu) yg di butuhkan ibu saat itu adalah full power love. Cinta yg berkekuatan dahsyat. Bapak bapak harus mendukung lebih dr sebelumnya. Mengatakan cinta lebih sering dr sebelumnya, mentraktir dan refreshing lebih sering dr sebelumnya.

5. Penyelesaiannya kalo suami ga bisa bantu kerjaan rumah. Maka hire lah ART minimal 1 bulan. Utk menghandle semua hal. Jadi ibu cuma ngurusin bayi plus plus ngurusin Kaka si bayi (kalo ada) utk bapak2 saat itu pliss juga lebih mandiri.

"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."(QS Al Baqarah 233)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar