Senin, 22 Januari 2018

KHITAN

Oke saya mau cerita banyak nih tentang pengalaman khitan anak anak bujang saya. Iya soalnya ada 2 anak bujang. Dan dua2nya di khitan berbarengan.
Kata orang tua, kapan anak di khitan? Saat udah minta
Kata agama usia 7 hari
Kata medis jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Selagi tidak ada indikasi. Segera khitan ketika ada masalah. Misal ISK.
Jadi utk Anak2 saya, saya ambil kata orang tua. Ketika udah minta.
Jadi abang 6 tahun yg minta di khitan krn dpt cerita dr bbrp pihak bahwa khitan itu sesudahnya punya uang banyak, bisa beli mainan pake uang itu. awalnya saya ragu. Tp ya sudahlah ikutin aja. Tadinya mau sabtu, tp sabtu saya praktek, minggu dan senin saya ada SBC, selasa kosong jadwal lgsg Pagi2 saya tanya lagi. "bang jadi ga sunat nya?" dia bilang jadi. Dan semangat sekali mandi dan sarapan utk kita cari klinik khitan.
Jauh sebelumnya saya udah baca2 metode khitan yg akan saya gunakan.
1. Manual
2. Laser
3. Smart klem
1. Manual itu saya belajar krn pernah jadi asisten dokter. Dan bantu2 kalo si dokter khitan. Jadi metode ini. Standar aja, di anestesi, gunting yg mau di buang dan jahit. Memakan waktu sekitar 45-1 jam. Setelahnya di jahit.
Saya perhatikan penyembuhan cukup lama sekitar 2 mgu utk pakai celana seperti biasa. https://youtu.be/JPUZdlXd3AU
2. Laser, itu pemotongan dg alat laser. Memakan waktu 30-40 mnt dg penjahitan. Memakan waktu penyembuhan 2 mgu jg utk pakai celana seperti biasa. Videonya silahkan lihat di https://youtu.be/86cNLDz87gM
3. Smart klem. Setelah anastesi, dan di beri tanda, klem di siapkan utk dimenjepit. Klem sbg pengganti penjahitan. Jadi tidak di jahit lagi. Proses pengerjaan 10-15 mnt aja. Penyembuhan katanya ya memakan waktu 2 mgu. Tp kenyataannya anak saya 1 mgu udah pakai celana. Prosesnya silahkan lihat disini
https://youtu.be/6FJVmtrrF8A
Pilihan jatuh ke metode smart klem. Karena pertimbangan berikut.
1. Prosesnya lebih cepat. Jadi mengurangi resiko trauma pada anak. Kebetulan anak sya yg pertama ini traumatis bgt.
2. Klem sbg penjahitan ini saya meyakini hasil akhir pasti lebih rapih krn tidak ada kerutan sisa jahitan.
3. Dengan klem resiko perdarahan lebih kecil.
Itu aja alasan ibu2 model saya yg ga mau repot.
Nah pengalaman saya juga menyarankan ibu2 utk mempersiapkan
1. Biaya.. Umumnya utk khitan manual itu biaya 400-700 rb. Laser 600rb-1jt. Klem 1jt-2,5jt.
Utk saya kmrn 1,7jt/ anak di kali 2 anak jadi 3,4 jt.
2. Siapkan celana batok atau celana sunat. Kalo beli di klinik suka mahal. Saya beli di klinik 50rb. Sedangkan beli online 20rb.
3. Siapkan obat penawar anak berupa hiburan. Jadi kmrn saya janjian beliin mainan. Mainan apa aja yg dia mau. Pulang khitan kita ke toko mainan. Ketika dirumah dia sibuk dg mainan barunya.
4. Jika ingin mengadakan acara sprti syukuran/ mengkong/hajat saya sarankan nunggu si anak sembuh. Atau minimal menjelang sembuh. Karena akan menguras energi orang tua lebih banyak.
5. Utk usia silahkan orang tua punya kebijakan masing2. Kapan waktu yg tepat. Tp pengalaman saya antara mushab 6 th dan hudzaifah 3 th. Lebih cepat penyembuhan hudzaifah. Tingkat kesakitan saya lihat hudzaifah lebih enjoy dr si abang.
6. Kasih nilai2 khitan utk anak yg lebih besar. Bahwa memang seharusnya Laki2 di khitan. Jika dia beragama muslim.. Saya juga bilang ke anak bahwa khitan jg prestasi. Dia patut bangga krn sdh di khitan. Karena ga setiap anak berani lho.
Terus apakabar pengalaman 2 bujang itu?
Ternyata baik saya orang tuanya dan 2 bujang saya menikmati prosesnya. Jadi ga terlalu drama drama bgt. Apa itu minta di kipasin2, nangis2 tiap malem. Ga ada. Bahkan besoknya mereka udah main di lapangan. Termasuk hudzaifah udah main sepeda pada H+1. H+5 copot klem. H+7 sdh pakai celana seperti biasa. H+8 dia udah pada berenang.
Saran : berdasarkan pengalaman saya hudzaifah lebih mudah di urus dr abang ya. Jadi usia 2-3 th adalah usia yg pas menurut saya. Kenapa? Dia tidak terlalu ngerti istilah "ngeri" dia bahkan bangga lihat celana ya ada batoknya. Katanya "ana obot" (celana robot) dia juga sebut klem di peni* nya itu tembakan robot 😂.
Apa ga sakit?
Ada kalanya mereka sakit tp saya besarkan hati mereka kalo memang begitu prosesnya dan harus sabar.
Bengkak?
Semua metode ada proses inflamasi/ bengkak. Ini sebentar aja. Utk usia tertentu bs di berikan obat utk bengkaknya. Tp Mereka bisa berendam air hangat utk sbg pereda nyeri dari bengkaknya.
Saya belajar dan melihat, mereka ga ada masalah. Mereka ga takut. Mereka bahkan sangat bangga. Mgkn kalo saya ngikutin perasaan saya sbg ibu mereka belum tentu sdh di khitan. Lantaran ga tega. Alhamdulillah setelah mengkhitan mereka rasanya plooong bgt.
Next kalo punya anak Laki2 lg saya akan mengkhitan usia 3 th lg.
Oia pengalaman orang bisa beda2 termasuk biaya khitan jg. Jadi sesama emak lebih bisa menyikapi perbedaan itu yah. Semoga bisa membantu. Shareable 😍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar