Minggu, 29 Maret 2015

Menumbuhkan rasa percaya diri anak

pagii
jumat barokah..

mumpung dapat kesempatan menulis Karena si sulung sdg potong rambut ke salon di temani adik Dan bu romlah (khodimat kami)

bahagianya melihat mushab makin percaya diri.
sbelumnya mushab adalah sosok yg selalu ngumpet klo Ada orang baru. trnyata bbrp Cara kami cukup berhasil walo blm 100%.

belakangan INI asyik sekali ngobrol panjang lebar dengan mushab yg usianya baru 3 tahun..

aahhh profesi INI makin sy cintai. profesi terbaik d Mata Allah yakni mjd seorang Ibu dr 3 anak yg masih kecil2.
tiap hari bisa tertawa karena ulah mereka bisa jg menangis krn tingkah mereka.

menumbuhkan rasa percaya diri bagi mushab tdk lah mudah. dahulu dia slalu ngumpet, cemberut, bahkan bisa jadi tantrum ktika melihat org baru. dia tidak pernah nyaman dengan kedatangan tamu di rumah sekalipun ITU anggota keluarga dr jauh. sempat sedih.. krn sebagaimana org tua lain sy pun ingin anak2 sy di bilang anak yg lucu dan Manis d depan org lain. tp APA boleh buat sy fikir mgkn bgtulah karakter mushab.

berawal dr ketertarikannya akan jajan. yup anak2 sy tidak pernah jajan d luar krn sy slalu mnyediakan berbagai cemilan d rumah dr buah, cemilan Manis juga cemilan gurih.

tp melihat teman2 yg jajan, mushab pingin dong merasakan jajan d abang2 lewat. disinilah ide sy muncul.

mushab boleh jajan tp berhentikan abangnya sendiri Dan bilang sendiri yah tidak d temani umi. bgtupun DG kalimatnya sy ajarkan. tp ternyata mushab memilih tidak jajan drpd hrs membuka percakapan dg si abang penjual.
Dan wktu itu mushab mnyerah juga. dia panggil abangnya Dan minta uang ke sy. bgni kalimatnya
"bang beli.." kemudia abang ITU brhenti mushab mnyerahkan uang Dan mengucapkan terima kasih.

itulah Awal mula komunikasi dg org lain.
sejak saat ITU apapun kemauannya di luar dia hrs bisa mndapatkannya sendiri.

seperti terimakasih pada satpam yg mbukakan pintu. berkata sampai jumpa PD temannya yg pulang stlh bermain juga ke alfamart sendiri dan berbicara DG kasir. DLL.

smua ITU trnyata d dukung dg penampilan lho. mushab suka brpakaian rapih Dan necis. ketika dia lihat dirinya d cermin Dan merasa ganteng. langsung PD nya keluar.
jd sy selalu kasih mushab kepercayaan utk memilih bajunya sendiri selepas Mandi. sy hny berperan mjd komentator. "bgmn klo mushab pakai yg INI sj krn warnanya sama DG celananya..Dan seterusnya" Dan saran sy tdk selalu mndapat respon positif.. it's okay.. sy biarkan sj dia memilih pakaiannya sendiri agar dia merasa pilihannya di hargai.. maka dia akan belajar menghargai pilihan org lain.

bgtulah sharing saya hari INI.masih banyak ide di kepala sy utk terus mengeksplore rasa percaya dirinya yakni..rencana bulan maret ini mushab akan sy ajak keluar Dan ktika dia mau ketoilet dia harus mncari toilet sendiri DG bertanya pada satpam atau siapapun... ahhh mnstimulus memang tidak Ada habisnya.... sy sadar INI hny sbagian kecil. mungkin ibu2 lain pny Cara lbh jitu...


because you're my little star in my heart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar